Jalan-jalan ke Singapura II

4 Nov

Rabu, 28 Agustus 2013

Alhamdulillah aku dapat kesempatan jalan-jalan ke Singapura lagi. Sebenarnya yang berkepentingan ke Singapura suamiku yaitu mau training kantor. Aku juga akhirnya diajak suami karena bos suamiku menawarkan untuk mengajak istri sekalian gak apa-apa. Tapi tiket pesawat ku pribadi tidak dibayarkan kantor. Kebetulan juga passportku belom expired.
Suamiku sudah print-out peta jalan disana (hanya arah ke Bugis, Mustafa dan Orchard saja) dan jalur MRT. Anak-anak tidak diajak jadi ditinggal dirumah bersama mbah uti dan pembantuku. Keponakanku Indah juga ikut nginap dirumah.
Aku dibelikan tiket pesawat Garuda. Enak juga dapet minuman juice yang bisa nambah berkali-kali dan 1 box makanan bisa milih omelet atau nasi. Di jok kursi ada layar video bis untuk setel lagu dan video film dan dikasih headphone.
Setelah check-in di Grand Pacific Hotel – 101 Victoria Street, aku dan depa maksi di Mc Donalds Bugis+ yang bisa ditempuh dengan jalan kaki gak sampe 3menit. Selesai maksi depa pergi training dan aku ke Bugis Street yang tinggal jalan kaki lurus aja kira-kira 3 menit. Aku ngubek2 Bugis Street sampai dengan jam 16. Betah soalnya murah2 harganya untuk segala macem souvenir berlabel Singapura. Yaitu ada kaos, gantungan kunci, tas, pajangan2, kaca kecil, tempelan kulkas dari magnet, topi dll. Gelang dan cincinnya juga cantik-cantik. Tapi sempat hujan juga yang bikin becek didalam Bugis Street. Bugis Street itu hanya beberapa toko saja yang pake AC untuk dilantai dasar. Ada 2 toko khusus jual aneka juice buah. Juice duren harganya 2$ dan juice buah peach harganya 1$. Both are my favorite.
Balik ke hotel, mandi air hangat dibathtub. Depa balik dari training jam 17. Jam 19 kami memutuskan pergi ke Mustafa Centre naik taksi. Diturunin di Mustafa Department Store. Sempat bingung juga kenapa diturunin disana karena kita gak tau mustafa centre sebelahmananya. Tapi aku inget2 sih mustafa centre nyambung ama dept. storenya. Lalu kita memutuskan masuk ke dept. store dan keluar di pintu belakang. Jalan sedikit udah keliatan gedung yang ada tulisan Mustafa Centre. Here we are, ditempat ini lagi seperti tahun kemarin 2011. Makan malam nasi india namanya briyani. Rasa rempahnya kuat banget terutama cengkeh. Bulir nasinya panjang. Aku beli Coklat Almond 2kg dan tas biru titipan uti. Soal harga souvenir Bugis Street juaranya. Balik ke hotel naik taxi.

IMG00007-20130828-1843@resto didekat Mustafa Centre

Kamis, 29 Agustus 2013
Depa training jam 7 sudah jalan dan nanti selesainya jam 22. Hi hi hi jadi gak punya waktu nemenin aku jalan-jalan. Jadilah aku jalan-jalan sendiri. Ayo tetap semangat! Berangkat jam 9 ke seven eleven dulu di sebelah kanan hotel beli air mineral 1 botol dan coklat m&m buat bekel. He he he. Kalo kemarin udah jalan kearah kiri hotel ketemu Bugis Street. Sekarang aku coba jalan keseberang hotel luruuuuus terus ngikutin peta meniju City Hall tapi malah ketemunya Raffles City dan didepan mata kelihatan buletan atas Singapore Flyer. Pikiranku saat itu mungkin kalo aku jalan terus bisa ketemu Flyer itu dan pastinya Merlion Park ada didekat-dekat situ. Pastinya? Ha ha ha yakin banget ya padahal…

IMG00015-20130829-0934Perjalananku sesampainya aja dimana.

Setelah 30 menit jalan kaki ternyata gak sia-sia… di depan aku udah Singapore Flyer. Aku liat ada turis-turis lain juga jalan kaki entah awalnya darimana. Hanya mereka rame-rame ada yang sama temannya ada juga yang sama keluarganya. Harga tiket Adult: 33$, Child 3-12years: 21$, paket Family 2Adults 1Anak: 78$, Usia 60tahun keatas: 24$. Aku memutuskan untuk tidak naik, karena gak seru aja, serunya kalo naik ama papa, kakak dan salsa.

IMG00018-20130829-0959

IMG00024-20130829-1010

Singapore Flyer.

Aku jalan muter ke belakang gedung lalu aku ketemu Sungai Singapur dan keliatan ada kios bertuliskan Singapore River Cruise yang tinggal nyebrang aja. Kiosnya ber-AC walaupun cuma seruangan aja dan petugasnya dari India. Harga tiketnya Adult: 18$ untuk 40 menit menyusuri Sungai Singapur. Setelah beli tiket itu aku duduk dikursi yang menghadap ke sungai menunggu cruisenya datang.

IMG00031-20130829-1019

Garden By The Bay dikejauhan😀

Gak lama duduk, cruise sudah datang sekitar jam 11.50. Tapi memang supir cruisenya sudah di calling sama mbak petugasnya untuk memberitahu disini ada penumpang yang mau naik.

IMG00064-20130829-1124

Singapore River Cruise

IMG00145-20130830-1677

Duduk diatas River Cruise sambil foto2 ama kenalan baru.🙂

Saat masuk ke perahu cruise aku lihat ada cewek dari Indonesia duduk disebelah kiri sendiri dan bapak2 bule duduk disebelah kanan sendiri. Dan ternyata benar cewek itu memang orang Indonesia. Dia sapa aku dan bilang “Orang Indonesia kan?”. Lalu kita ngobrol. Ternyata kita senasib. Sama-sama jalan2 sendiri liat2 Singapur karena suami gak bisa nemenin karena kerja. Ha ha ha… Iya kita sama2 di Singapur karena ikut suami yang dinas kerja beberapa hari saja. Jadi deh kita ganti-gantian foto-fotoan. Temen baru aku itu namanya Riana. Riana naik cruise dari Merlion Park. Lalu kita berdua turun di Merlion Park. Ha ha ha tanpa sengaja aku sampai juga di Merlion Park.

IMG00105-20130830-1125

Merlion Park

Here I am, ditempat ini lagi seperti tahun kemarin 2011. Setelah puas foto2 ama Riana, kita berdua jalan kaki ke Marina Bay Sands. Tujuan kita pengen nemuin dimana itu Garden By The Bay. Soalnya dari sungai Singapur kelihatan dikejauhan dan tampak unik dan indah. Jadi kita berdua penasaran. Tapi sayangnya Riana harus kembali ke hotel jadi kita pisah di Marina Bay Sands. Aku meneruskan jalan sampai belakang gedung dan keluar di pintu sana. Tadinya mau pulang nyoba naik bis. Tapi udah duduk di halte mengamat-amati masih bingung dan ada rasa takut salah jurusan bisnya. Dollar masih banyak didompet tapi perasaan sayang banget kalo harus untuk bayar taxi takutnya mahal. Aku nyebrang menuju Hotel Marina Bay yang diatasnya ada Resto Garden.
IMG00082-20130829-1252

IMG00045-20130829-1053

Marina Bay Sands Hotel.

Dari hotel itu kelihatan lagi Garden By The Bay, tapi dihalangin Fly Over. Aku jalan muter kesisi samping hotel dan duduk lagi di halte bis 30 menit. Turun tangga jalan MRT tapi gak jadi karena aku gak berani saat itu. Lalu hujan turun lumayan deras. Aku jalan lagi ke sisi lain hotel ternyata pintu keluar hotel sisi satunya lagi. Aku berdiri aja nunggu hujan reda. Akhirnya nyerah, sepertinya memang harus naik taxi kembali ke hotel. Nyamar jadi tamu hotel untuk dapetin taxi. Dan berhasil.
Jam 13.39 naik taxi dari Marina Bay hotel. Bayar taxi 6.40$ menuju Bugis Junction. Muter-muter liat2 Bugis Junction dan nyebrang ke Bugis Street belanja lagi dan baru makan siang di Mc’D.
Malamnya di hotel suami aku ngajak nyoba naik MRT. Dari peta MRT kalau ke Clarke Quay tidak usah pindah jalur. Ya udah deh kita jalan…

Clarke Quay ini merupakan restoran2 di sepanjang pinggir Sungai Singapur. Banyak juga anak-anak muda dan turis duduk2 di pinggir jembatan dan di tepian sungai. Ha ha ha banyak juga yang berdua-duaan. Setelah selesai menikmati indahnya Clarke Quay, tapi kita gak makan di restonya soalnya sepertinya mahaaal, kita balik ke hotel naik MRT lagi. Ternyata MRT yang kita naikin merupakan MRT jam terakhir jam 12malam teng. Jadi setelah itu gak ada, nanti ada lagi pagi. Alhamdulillah pas.

Jumat, 30 Agustus 2013.
Hari ini misinya harus naik MRT kemanapun itu tujuanku! Bismillah… Beli coklat m&m dan sebotol air mineral dulu di Seven Eleven. Berangkat jam 9.47. NTUC. Bras Basah CC2 Platform A. Promenade CC4 Platform B. Raffles Park Platform B Exit H. Ya itu kurang lebih catatan perjalananku naik MRT menuju Merlion Park. Ha ha ha…

IMG00096-20130830-1016 IMG00102-20130830-1044

Suasana didalam stasiun MRT – Suasana didalam kereta MRT

Sampai di Merlion Park jam 11.20. Tanpa ada kejadian salah naik jalur kereta (*duh bangganya ha ha ha… ). Jam 11.40 jalan balik ke MRT Raffless mau ke Bay Front. Sampe di Garden By The Bay.

Yu huuuu Garden By The Bay yang aku pengenin kunjungin akhirnya kesampean juga. Ini naik MRT lho bukan bis apalagi taxi. *Senyum teramat sangat merasa hebat *Duhhh.
Di Garden By The Bay sibuk bolak-balik minta tolong fotoin ama turis jepang yang imut cantik yang disana ama anaknya satu cowok dan ibu/neneknya. Bahkan neneknya pun kebagian aku minta tolong fotoin aku. *piss…

IMG00107-20130830-1236 IMG00109-20130830-1242 IMG00110-20130830-1244 IMG00111-20130830-1253 IMG00112-20130830-1254 IMG00115-20130830-1302 IMG00127-20130830-1315 IMG00129-20130830-1316

@Garden By The Bay.
Saat turun menyusuri tangga Garden By The Bay aku terima telepon dari Tante Ana. Aku lihat udah 3 kali missed call. Rupanya saking asyiknya disini sampai gak denger ada telepon masuk. He he he. Tante ana, saudara aku yang tinggal di Singapur tepatnya di Pasir Ris dekat bandara Changi. Tante Ana ngajak makan sore nanti. Jadi aku nanti di jemput di hotel. Ok tante… aku mau.
Jam 14.54 naik MRT lagi menuju Arab Street. Cari-cari rumah makan masakan arab tapi kok ya gak nemu. Mungkin karena aku gak tau jalan aja. Ketemunya rumah makan masakan India. Karena lapar dan tadi hanya di ganjal ama coklat m&m aku makan nasi India yaitu Briyani. Nasi goreng Briyani ini harganya 5$.
Jam 16.00 aku tanya ama orang setempat ternyata masih waktu Dzuhur. Aku Sholat Dzuhur di Sultan Mosque. Setelah selesai duduk2 sebentar kemudian jam 16.20 azan Ashar. Alhamdulillah bisa sholat Ashar berjamaah di masjid ini.

IMG00140-20130830-1446

IMG00145-20130830-1619

Masjid Sultan @Singapura

IMG00144-20130830-1448

Burung Dara ngumpul di seputaran Air Mancur di Arab Street.

Setelah itu aku kembali ke hotel dan mandi air hangat berendam bathtub lagi. Sudah dandan rapi cantik karena mau di jemput tante Ana. Aku ninggalin pesan ke suami aku kalau pulangnya mungkin malam. Tante Ana sampai jam 8an di hotel. Memang tanggalnya kebetulan sama dengan acara pernikahan saudara dari tante Ana. Jadi aku diundang makan di rumah mempelai wanita.

Sabtu, 31 Agustus 2013.
Hu hu hu… baru sehari kemarin asyik menjelajah pake MRT dan hari ini udah harus balik ke Jakarta. Abis sarapan, Depa masih ada training sampai dengan jam 11. Aku nunggu di lobby sambil connect wifi untuk update status FB. Koper masih di dalam kamar. Gak terasa Depa udah balik. Makan siang berdua di Mc D. Trus berangkat ke bandara naik taxi. Dari Singapur jam 18.45 take off. Sampe Jakarta jam 19.40. Pulang berat total 2 koper = 26.1kg. Jatahnya @20kg total 40kg.