Pengalamanku mengurus Jamsostek di Cileungsi.

6 Sep

Kamis, 5 September 2013.

Niatnya jam 5 subuh sudah berangkat dari rumah. Tapi akhirnya jam setengah 6 baru berangkat. Itupun balik lagi ke rumah karena papa nelpon menanyakan kunci lemari. Ternyata tanpa sadar karena sudah kebiasaan kunci lemari aku bawa padahal suami aku belum ambil baju. Ha ha ha…

Jadilah aku sampai di kantor Jamsostek jam 6.15 pagi. Disana sudah ada banyak orang. Kantor jamsostek di Cileungsi letaknya kalau dari arah cibubur gak jauh setelah Giant Metland Cileungsi dan ada disebelah kanan kita. Jadi diseberangnya Giant Metland. Begitu nyampe aku naro dokumen ke pak satpam. Belom dikasih nomor antrian dan menunggu saja di halaman parkir jamsostek.

 

Berikut ini isi dokumennya (dimasukkan dalam 1 amplop besar) yang aku serahkan ke pak satpam Jamsostek:

–         Kartu Peserta Jamsostek: asli dan 1 fotokopi

–         Surat Pengalaman Kerja / Parklaring: asli dan 1 fotokopi

–         KTP: asli dan 1 fotokopi

–         KK: asli dan 1 fotokopi

–         Buku Tabungan Bank: asli dan 1 fotokopi (jika memilih pembayaran jamsostek lewat transfer bukan tunai. Yang difotokopi hanya halaman pertama yang ada tertulis nama dan nomor rekening kita)

–         Pulpen untuk mengisi formulir.

 

Jam 6.30 diperbolehkan masuk ke kantor jamsostek dan duduk di kursi yang disediakan (kursinya banyak kok jadi jangan takut gak kebagian). Lalu mulai dipanggilin satu-satu namanya sesuai yang tertulis di dokumen. Jam 6.44 (hapal soalnya tercetak di kertas antrian) giliran aku dipanggil pak satpamnya. Pak satpam ambil kertas antrian dari mesin untuk print-out kertas antrian. Lalu pak satpam menanyakan “Sudah isi formulir belom?”. Aku jawab “Belom”, lalu aku diberikan formulir untuk diisi. Waduh ternyata aku dapat nomor antrian 41. Aku kemudian balik duduk dan mengisi formulir sambil menunggu loket buka yaitu jam 8. Yang diisi di formulir adalah data-data identitas kita dan nomor jamsostek serta pilihan pembayaran. Setelah selesai isi formulir aku keluar untuk cari sarapan di dekat-dekat situ. Aku sarapan ketoprak he he he. Saat balik duduk antrian baru nomor 16an. Terkantuk-kantuk menunggu karena ruangannya cukup dingin ada AC dan cukup nyaman. Akhirnya jam 10.45 nomor antrianku 41 dipanggil maju ke loket. Amplop dokumen aku berikan ke mbak karyawan jamsostek. Kemudian dokumen diambil sama mbaknya dan amplop dikembalikan. Sambil ngetik2 mbaknya nanya2 seperti wawancara  hi hi hi, yang ditanya nama kita, tahun berapa mulai bekerja di kantor ybs, tahun berapa resign di kantor ybs, nama ibu kandung sesuai di KK. Setelah itu dikasih liat print-out saldo jamsostek kita tapi gak boleh kita bawa. Lalu kata mbaknya kalau tidak ada telepon dari saya memberitahukan tentang pembayaran, berarti ibu menunggu uang jamsostek ditransfer dalam 4 hari kerja.

Alhamdulillah lancar dalam satu hari selesai urusan pencairan uang jamsosteknya.🙂 Walau sempat dimasalahkan ama mbaknya karena kartu jamsostek aku ada dua di kantor aku itu. Soalnya jamsostek aku pernah di stop. Trus gak berapa lama ganti presdir dilanjut lagi jamsosteknya. Tapi HRD gak perpanjang nomor Kartu Peserta Jamsostek aku malah bikin kartu baru. Mbaknya memutuskan mengisi formulir revisi dan aku tandatangan. Aku juga infokan kalau kantor aku tersebut sudah tutup. Mungkin jika kantor lama aku itu masih jalan, aku disuruh mbaknya balik lagi minta urus formulir revisi ke kantor lama aku. Untuk saldonya di merge dari kedua nomor KPJ aku dikantor lama.

Semoga lancar ya untuk yang sedang atau akan mengurus mengambil uang jamsostek. Yang penting dokumen2 yang aku sebutkan diatas lengkap. Jika tidak lengkap ditolak ama petugas jamsostek dan disuruh balik lagi jika dokumen sudah lengkap.

Oh ya, setelah selesai kartu jamsostek kita diambil ama mbak petugasnya sedangkan dokumen asli surat pengalaman kerja, KTP, KK, buku tabungan dikembalikan ke kita.

 

 

Leave a Reply

Sweetheart Ransa Shop

Fashion for your sweetheart kids

The TraveLearn

- learning by traveling -

SEMANGAT YANG MENYEGARKAN

seperti aroma teh yang membantu hadirkan inspirasi

Warung Gado-gado Ilmu

Jelajahi dunia ilmu tiada jemu n_n

Cita Lentera

...Berbenah dan Bersemangat...

From Heart to Heart

... mencintaimu, dengan caraku sendiri

Serba Serbi Keluarga Dharmawan

Keseharian Keluarga Dharmawan

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

