Akibat dari suka menggigit bibir sendiri

16 Jun

Kurang lebih dua bulan bibir bawah kiri aku sariawan. Kalau menurut dokter pertama saat aku berobat, mengatakan bahwa penyakit itu adalah kista. Kebiasaan tergigit atau gigit-gigitan bibir bisa jadi kista. Well, mengingat kalau gemas aku suka menggigit bibir maka itu masuk akal juga. Dokter ini mengatakan bahwa kista ini harus di operasi. Bukan operasi siy, mungkin bedah, nanti akan di bius local dan kista nya di congkel setelah itu dijahit lagi. Jahitannya kering dengan menyatu pada daging bibir. Jadi gak perlu buka jahitan. Aku menolak dioperasi karena udah pait banget bayangin bagian muka seputar bibir aku akan di suntik. Jadi dokter pertama ini memberikan aku resep vitamin yang harus diminum dan vitamin C tablet hisap.
Ternyata setelah vitamin habis sariawan/kista ini belum juga kempes. Aku berobat kedokter lain. Dokter kedua mengatakan ini sariawan yang nanahnya sudah keluar sedikit jadi perlu minum antibiotic. Dokter ini tidak menyarankan untuk operasi. Aku diresepkan obat kumur dan kenalog serta vitamin c tablet hisap. Ternyata kalau habis beberapa hari makan-makanan pedas, sariawan ini mengeras dan mengganggu saat ngunyah ataupun minum. Well, it makes my temperature get high. Alias kepengen marah melulu. Akhirnya aku balik lagi kerumah sakit yang sama tapi dokter kedua sedang tidak praktek. Jadi aku berobat ke dokter ketiga. Aku tidak di sarankan untuk operasi lagi. Diganti obat kumur lain karena dokter ketiga ini menanyakan apakah aku punya sakit magh. Iya Dok. Well, dokter juga gak menyarankan aku minum vitamin C tablet hisap. Aku disarankan minum Ester-C. Kebetulan temanku di kantor juga mengatakan kalau punya magh gak boleh minum Vitamin C tablet hisap. Wah…aku jadi baru ngeh kalau yang bikin aku Uek..uek… itu karena magh ku kambuh gara-gara ngisap vitamin C tablet.
Dan… hari ini saat temanku yang satunya lagi menawarkan bakwan jagung dan tahu isi goreng dan saat makan tak sengaja sariawan ku kegigit dan hm…pecah dengan mengeluarkan darah yang berlendir. Aku kedokter langsung untuk konsultasi gimana selanjutnya. Aku minta diresepkan antibiotic karena takut infeksi. Yah, gitu deh, ternyata gak perlu di operasi. Cukup dioleskan obat ‘Kenalog in Orabase” dan minum antibiotic jika sariawannya pecah. Yang paling mempan sih dikompres dengan obat kumur. Jadi pakai perban yang udah potongan lalu di basahi dengan obat kumur lalu dilipat sampai lipatannya tebal sehingga menekan daerah sariawan saat diselipkan di bibir. Dikompressnya sesering mungkin. Cuma kalau lagi dikantor sebaiknya jangan. Soalnya bikin muka bentuknya jadi gak karuan. Jadi aku sempatnya pagi sebelum berangkat setelah mandi dan malam sebelum tidur tapi jangan dibawa tidur ya…

2 Responses to “Akibat dari suka menggigit bibir sendiri”

  1. GGM June 20, 2013 at 9:59 AM #

    Permisi mau tanya, Dokternya spesialis apa ya? dan Obat kumur merek apa? Soalnya saya juga kena. Terima kasih 😉

    • IrNita June 20, 2013 at 11:56 AM #

      Silahkan… Welcome… Aku berobatnya waktu itu di Rumah sakit (bukan klinik) dan dokternya dokter di UGD (bisa dibilang dokter umum). Tapi maaf… obat kumurnya saya lupa merek apa… soalnya saya nulisnya tahun 2009. Baru ngeh sekarang kenapa dulu gak nulis merek obat kumurnya. Hadeuhhh… Maaf ya ga bisa bantu soal obat kumurnya…

Leave a Reply

Sweetheart Ransa Shop

Fashion for your sweetheart kids

The TraveLearn

- learning by traveling -

SEMANGAT YANG MENYEGARKAN

seperti aroma teh yang membantu hadirkan inspirasi

Warung Gado-gado Ilmu

Jelajahi dunia ilmu tiada jemu n_n

Cita Lentera

...Berbenah dan Bersemangat...

From Heart to Heart

... mencintaimu, dengan caraku sendiri

Serba Serbi Keluarga Dharmawan

Keseharian Keluarga Dharmawan

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

