Jalan-jalan di Medan.

21 Apr

17 Maret 2009 sampai dengan 21 Maret 2009.

Ini ketiga kalinya aku ke Medan. Sama seperti waktu ke Bali, kali ini pun aku naik pesawat Air Asia yang tiket promo. Yang berangkat aku + suami dan anak-anak serta kedua orangtua aku. Liburan dibatasi hanya 5 hari 4 malam. Sesampainya diBandara Polonia aku langsung ke Danau Toba. Ternyata jauh juga jarak Bandara – Danau Toba. Berangkat jam 5 sore dan baru sampai jam 12 malam. Ada kepakai jam untuk makan malam di Tebing. Dirumah-makan ini tersaji pisang barangan sesisir disetiap meja. Nyam…enak tapi masih kurang mateng soalnya kulitnya masih kuning terang. Kalau udah agak menghitam baru manis banget. Ada kepala ikan kakap. Aku makan berdua Ato, satu kepala dibagi dua. Rasa pedesnya mantap. Yang ribet banget Rani, masih nyari telor aja. Soalnya menunya pedes semua.
Aku menginap di Wisma Retta. Jam 5 subuh aku terbangun dan menunggu diluar terang dengan melihat dijendela. Setelah terang ketika buka pintu langsung disambut oleh pemandangan danau yang indah. Ada perahu-perahu bebek parkir dipinggirnya. Ada perahu besar yang bertingkat untuk menyeberang ke Pulau Samosir. Wisma ini, luas, kamarnya besar, bersih tapi tidak disediakan handuk, sabun, sikat gigi dan odol. Walau tidak memakai AC tetapi udaranya sudah dingin seperti di puncak. Kolam berenangnya sudah lama tidak dipakai karena yang aku lihat kondisi airnya coklat dan ada ikannya. Jadi lebih cocok kalau dibilang kolam ikan. Tapi tamannya bersih dan ada beragam jenis bunga yang cantik. Sarapan paginya berupa Lontong Sayur. Tapi… isinya bukan hanya lontong + sayur labu. Isinya itu beda sama lontong Jakarta. Ini niy: Lontong + Bihun gede + wortel dipotong bulat lalu dipotong setengah dan kulitnya gak dikupas + labu dipotong dadu + balado telur + sedikit kuah santan. Pedes memang. Tapi enak lo…
Jam 11 siang ke Kapal Ferry yang bisa muat mobil. Lama perjalanan menyeberang menuju pulau Samosir adalah 30 menit. Penumpangnya duduk dilantai atas dengan naik tangga besi. Kapal ini gak goyang seperti jika kita naik kapal ferry yang tidak muat mobil. Jadi nyaman lah… Ada kacang kulit panggang yang dijual disini. Sesampainya kira-kira 50 meter dari pelabuhan ada toko-toko berjejer menjual souvenir dari pulau samosir. Tadinya mau ke pemandian air panas, tapi setelah 2 jam menyusuri pinggir pulau Samosir dengan mobil Innova tahun 96 belum juga sampai ketempatnya, jadi dibatalkan. Dan aku kembali ke tempat toko-toko souvenir tadi.
Hari ini aku akan mengunjungi sungai di Bukit Lawang. Rencananya mau berendam dan setelah kecapean makan duren. Duren sudah dibawa diatas mobil dengan tanpa diikat tapi terbukti tidak jatuh. Sampai di lokasi sudah jam 3 siang. Duduk-duduk istirahat setengah jam lalu turun ke sungai. Wah…batu kalinya besar-besar dan menyebar rata. Karena semalem habis hujan jadi air sungai ini berwarna agak keruh coklat. Biasanya katanya jernih bening. Airnya dingin sesejuk hawa bukit lawang ini. Semakin sore arus sungai semakin kencang. Sayangnya kita harus extra hati-hati karena batu yang terendam air sungai sangat licin diinjak. Tapi cukup fun juga. Kita bisa meluncur dari atas dengan ban renang (tapi jangan mengambil rute meluncur terlalu jauh jika ini merupakan pertama kalinya. Bisa-bisa ban yang dinaikin terbalik saat menabrak batu). Atau hanya duduk diatas ranting pohon yang tergeletak ditengah sungai. Atau pun mungkin mengambil posisi tiduran di ranting pohon itu sambil merasakan arus air sungai melewati tubuh kita.
Kesimpulan dari liburan di medan ini bagiku kurang hari jadi semuanya serba dicicipi hanya satu hari sehingga badan terasa melelahkan. Brastagi blom…Istana Maimun blom…Mesjid Raya Medan blom… Next time deeeey….