Betapa KEJUJURAN merupakan falsafah hidup yang Utama.

23 Oct

Jujur itu berarti mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran.

 

Bukti nyata kenapa ‘JUJUR’ harus dijadikan falsafah hidup yang Utama:

-Masalah melamin yang dijadikan bumbu untuk membuat makanan. Ini terjadi karena produsen susu, biscuit ingin membohongi kadar protein yang terkandung didalamnya. Jika kebohongan ini tidak terungkap bisa dipastikan persentase orang bahkan bayi berpenyakit ginjal sangat tinggi.

-Masalah korupsi. Sampe akhirnya dibentuk Komisi Pemberantasan Korupsi.

-Tindakan Selingkuh. Akan banyak orang frustasi dan patah hati karena telah dibohongi pasangannya. Akan bertambah banyak perceraian.

-Polisi yang melakukan pungli terhadap orang-orang yang mau membuat ataupun memperpanjang SIM. (walah…padahal penulis belum punya SIM. Tapi udah survey). Jika ini dibiarkan maka percuma saja kita bayar pajak kepada Negara.

 

Biasanya jika melihat anak terjatuh maka spontan orangtuanya berkata “Oh, tidak apa-apa! Anak pintar, tidak sakit kok! Jangan nangis, yach!”. Perkataan orangtuanya ini bohong dengan tujuan supaya anaknya tidak menangis. Orangtuanya juga berpendapat “tidak jujur tetapi untuk kebaikan”. Sang anak karena masih kecil belum memahami kalau orangtuanya bohong. Hal ini sekilas wajar. Tapi dampaknya bagi anak-anak sangatlah tidak wajar. Mengingat sang anak kelak akan tumbuh dewasa dan mengejar cita-citanya dengan kecerdasan yang dimilikinya dan dengan pengalaman hidup yang dijalaninya sewaktu kecil. Mungkin ada alternatif lain yang bisa digunakan misalnya “Oh, jatuh ya, mana yang sakit, sini diberi obat agar tidak sakit”, dengan tanggapan yang demikian kita mendidik anak untuk mengerti suatu permasalahan, bahwa dia jatuh dan sakit dan perlu diobati dan kita tidak berbohong.


Hal lain terjadi jika seseorang berhadapan dengan oknum criminal seperti pencuri, perampok yang jelas-jelas bukan orang baik maka tidak jujur menjadi hal yang baik.

Contoh kasus: Jika misalnya terjadi perampokan, dan si perampok menyuruh orang itu menyerahkan seluruh harta bendanya. Apakah orang itu harus jujur mengatakan bahwa ada sejumlah uang yang disimpan di lemari tersembunyi? Ya, tentu saja tidak. Percuma jika orang itu jujur terhadap orang yang sedang melakukan perbuatan tidak baik.

Adalah pilihan baik jika seseorang berani mengakui suatu tindakan bohong yang telah secara diam-diam dilakukan dan ternyata ketahuan. Tindakan selanjutnya yang disarankan adalah mengucapkan kata ‘maaf’ untuk mengakui atas perbuatan salah yang telah dilakukan dan mengutarakan alasan kenapa terpaksa berbohong.

 

Itulah kenapa orangtua selalu menasehati anak-anaknya supaya harus menjadi orang yang jujur.

A note for my daughters: Whatever the reason you have in mind, Please be honest to mama. I will take all the risk for u.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Sweetheart Ransa Shop

Fashion for your sweetheart kids

The TraveLearn

- learning by traveling -

SEMANGAT YANG MENYEGARKAN

seperti aroma teh yang membantu hadirkan inspirasi

Warung Gado-gado Ilmu

Jelajahi dunia ilmu tiada jemu n_n

Cita Lentera

...Berbenah dan Bersemangat...

From Heart to Heart

... mencintaimu, dengan caraku sendiri

Serba Serbi Keluarga Dharmawan

Keseharian Keluarga Dharmawan

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: