Tag Archives: cara mengetahui kandungan mercury di bedak

Ternyata bedak yang aku pakai mengandung merkury.

3 Jun

Berawal dari keinginan aku untuk ganti bedak. Bedak aku yang lama, yang sudah aku pakai sejak dari kuliah, ternyata sekarang ganti tekstur bedaknya. Yang awalnya berupa bedak padat 3 way cake yang kering berubah menjadi tekstur lengket dan warnanya lebih gelap. Saat di pakai membuat wajahku jadi basah dan kerasa gerah. Jadinya cepet keringetan dan berair. Aku lap-lap pakai tisu sampai akhirnya bedaknya habis kemakan tisu. Duuh!

Tapi ganti dengan bedak apa ya? Aku kemudian googling untuk mendapatkan jawaban dari internet. Dalam keadaan masih bingung dengan berbagai informasi produk bedak yang ada di google, aku menemukan informasi berharga ini:

“pilih2 bedak hari gini, emang penting bgt. Aku dpt info dari temen yg kuliah di bioteknologi…
Ternyata gembar-gembor pemerintah/bpom/ iklan produk yg slama ini bilang
anti mercury pada kosmetika, itu semua gak jamin!!!
Meskipun sebuah produk bilang anti mercury, tapi kita (konsumen) bisa
nge-cek sendiri bener/nggak? !

menurut temenKu yg td kuliah jurusan bioteknologi, begini caranya ngetes
bedak anti mercury:
1. Taburkan/oleskan bedak di telapak tangan dengan tebal (rada banyak).
2. Ambil emas (cincin, gelang, kalung, apa aja) gosok-gosok di telapak tangan
yg sudah ditaburi bedak tadi.
3. Tunggu kira2 1menit. Lihat perubahan warna pada telapak tangan. Kalo telapak tangan berubah menjadi hitam/abu-abu, itu berarti pada bedak yg anda pakai masih mengandung mercury.

semakin banyak kandungan mercury yg terkandung di dalam bedak tersebut,
semakin hitam hasil gosokannya (dgn emas td).

Perlu diketahui,
bedak mahal jg tidak menjamin didalamnya tidak terkandung merkuri sama sekali. Begitu pula pada bedak bayi. (ada bbrp produk bedak bayi yg ketika di tes ternyata mengalami perubahan warna, walaupun sedikit sekali).”

Dari informasi ini aku jadi berniat untuk mencoba membuktikannya. Supaya tahu apakah ini hoax atau bukan. Dengan menggunakan cincin emas, aku mengosok-gosokkan semua bedak yang aku miliki satu persatu. Selesai gosok lalu cuci tangan lalu gosok lagi. He..he…kalau hasilnya keluar jin aladin lucu kali ya… Tapi senyumanku hilang saat ternyata hasilnya adalah dari 6 bedak yang aku coba cuma satu yang gak ada perubahan.

Bedak padat I: abu-abu.

Bedak 3waycake II: abu-abu kehitaman.

Bedak padat III: Hitam.

Bedak Tabur IV untuk remaja: abu-abu kehitaman.

Bedak Tabur V untuk bayi: abu-abu terang.

Bedak Tabur VI untuk remaja: gak ada perubahan, tetep putih.

Waah, berarti kelima bedak itu mengandung mercury?  Trus aku pakai bedak apa donk… Masa gosok-gosok bedak dulu didepan spgnya saat mau membeli. Apa aku pakai bedak 6 aja ya?  Tapikan bedak 6 itu enaknya buat dipakai di badan. (Masih mikir: mode on).

Note: Sengaja aku tidak menulis merknya, supaya tidak dianggap merusak merk tertentu ataupun promosi merk tertentu. Percobaan ini tidak akan merusak emas yang digunakan. Telapak tangan dapat bersih kembali setelah mencuci tangan dengan sabun. Mercury itu dapat mengakibatkan iritasi kulit dan membahayakan kesehatan. Untuk lebih jelasnya tentang bahaya merkury dapat ditanyakan ke dokter ahli.

The TraveLearn

- learning by traveling -

SEMANGAT YANG MENYEGARKAN

seperti aroma teh yang membantu hadirkan inspirasi

Warung Gado-gado Ilmu

Jelajahi dunia ilmu tiada jemu n_n

Cita Lentera

...Berbenah dan Bersemangat...

From Heart to Heart

... mencintaimu, dengan caraku sendiri

Serba Serbi Keluarga Dharmawan

Keseharian Keluarga Dharmawan

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.